TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI)TATA USAHA

Melakukan ketata usahaan dalam ruang lingkup akademik, umum dan perlengkapan, keuangan, kesiswaan dan kepegawaian

Tujuan Tugas dan Fungsi

Tugas Pokok

  1. Melaksanakan penyusunan program dan kegiatan lingkup ketata usahaan sekolah
    • Menerima arahan dari Kepala Sekolah.
    • Mempelajari dan mendalami tugas pokok dan fungsi Kepala Sekolah.
    • Mempelajari peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan program kegiatan.
    • Mempelajari peraturan yang berlaku di Ponpes Abu Hurairah dan sekolah yang telah ditetapkan dalam buku pedoman yang berkaitan dengan program kegiatan.
    • Menyusun program kegiatan lingkup ketata usahaan.

Kewenangan:
Mengusulkan program kegiatan lingkup ketata usahaan

Indikator Kinerja:
Tersedianya program kegiatan lingkup ketata usahaan

  1. Melaksanakan kegiatan ketata usahaan yang sudah diprogramkan
    • Mempelajari program kegiatan.
    • Mengusulkan jadwal kegiatan kepada Kepala Sekolah.
    • Mengkoordinasikan kegiatan dengan Tata Usaha.
    • Membuat cek list kegiatan dan program.
    • Melaksanakan kegiatan ketata usahaan.
    • Melakukan pendelegasian wewenang kepada Tata Usaha sesuai tanggung jawab masing-masing.

Kewenangan:
Mengusulkan pelaksanaan kegiatan bidang ketata usahaan

Indikator Kinerja:
Terlaksananya kegiatan yang sudah diprogramkan

  1. Mengevaluasi kegiatan ketatausahaan yang dilaksanakan
    • Mengawasi pelaksanaan program kegiatan.
    • Memberikan masukan dalam pelaksanaan program kegiatan.
    • Memberi pengarahan kepada Tata Usaha tentang pelaksanaan kegiatan
    • Melakukan evaluasi terhadap kinerja organisasi.

Kewenangan:
Meneliti, mengoreksi draf laporan kegiatan bidang ketata usahaan

Indikator Kinerja:
Adanya laporan evaluasi kegiatan ketata usahaan

  1. Melaporkan kepada atasan tentang pelaksanaan kegiaan ketatausahaan
    • Mempelajari hasil evaluasi kegiatan ketatausahaan.
    • Memperbaiki kekurangan/kesalahan dalam pembuatan laporan.
    • Menyusun laporan kegiatan.

Kewenangan:
Menyampaikan laporan kepada Kepala Sekolah tentang pelaksanaan kegiatan

Indikator Kinerja:
Laporan kegiatan yang akurat dan benar diterima oleh Kepala Sekolah

  1. Melakukan koordinasi, integrasi, pengendalian, sinkronisasi penyelenggaraan kegiatan dengan Tata Usaha.
    • Menyampaikan arahan Kepala Sekolah kepada Tata Usaha.
    • Melaksanakan pertemuan secara berkala antara Kepala Sekolah dan staf.
    • Melaksanakan komunikasi tentang tugas-tugas dan kegiatan dengan Kepala Sekolah dan Tata Usaha.

Kewenangan:
Melakukan komunikasi dengan Tata Usaha.

Indikator Kinerja:
Terbentukanya jaringan komunikasi yang harmonis diantara semua bidang

  1. Pemberdayaan dan peningkatan Sumber Daya Manuasia (SDM) Tenaga Kependidikan (Tendik)
    • Menerima pengarahan dari Kepala Sekolah
    • Merencanakan kegiatan dalam rangka meningkatkan SDM Tendik
    • Membuat jadwal kegiatan.
    • Menetapkan pelaksanaan kegiatan peningkatan SDM Tendik
    • Melaksanakan program peningkatan SDM Tendik.

Kewenangan:
Mengusulkan kegiatan dalam rangka peningkatan SDM dan mengevaluasi kemampuan staf dalam rangka pembinaan

Indikator Kinerja:
SDM dapat mengembangkan prestasi dan kinerja sesuai dengan tugas pokoknya dengan baik

  1. Pelaksanaan tugas lain sesuai perintah Kepala Sekolah
    • Menghimpun, menelaah dan menyebarluaskan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan kegiatan dan program kerja.
    • Menghimpun, menelaah dan menyebarluaskan peraturan Ponpes Abu Hurairah dan peraturan sekolah yang berhubungan dengan kegiatan dan program kerja.
    • Menghimpun, mengolah dan menganalisa data/informasi yang berhubungan dengan kegiatan dan program kerja.
    • Merencanakan, menetapkan kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam unit kerja.

Kewenangan:
Menerima tugas dari Kepala Sekolah

Indikator Kinerja:
Terlaksananya tugas dengan baik sesuai perintah